Wednesday, December 30, 2020

Ejaan Alfabet & Angka IMO dalam Pelayaran Maritim

 


 

Ejaan alfabet beserta artinya dan angka dalam pelayaran maritim mengacu pada Standard Marine Communication Phrases (SMCP) yang diterbitkan oleh IMO. Alfabet fonetik seperti A Alfa, B Bravo, C Charlie biasa digunakan dalam komunikasi radio dunia pelayaran maritim. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari salah eja dalam menjelaskan suatu kata ataupun istilah.

 

Contohnya dalam dunia maritim untuk mengeja call sign kapal. Call sign kapal saya: VRKR4. Jika dieja secara umum maka bunyinya akan menjadi “Vii Ar Key Ar Four”, namun ejaan ini menjadi tidak sejelas dan sejernih seperti bicara tatap muka. Di radio bisa saja ada distraksi yang menyebabkan ejaan tersebut bisa salah dengar. Maka call sign kapal saya harus dieja: “Victor Romeo Kilo Romeo Four*”.

 

*IMO sebenarnya juga menetapkan pelafalan ejaan angka/numerik. Namun kenyataan di lapangan hanya ada pengejaan alfabet saja, penggunaan ejaan numerik sangat jarang ditemui. Kebanyakan pelaut lebih nyaman langsung melafalkan angka seperti biasa.

 

Di bawah ini adalah Alfabet dan Numerik Maritim yang menjadi standar percakapan pelaut oleh SMCP IMO:

Afabet Maritim

A = Alpha

B = Bravo

C = Charlie

D = Delta

E = Echo

F = Foxtrot

G = Golf

H = Hotel

I = India

J = Juliet

K = Kilo

L = Lima

M = Mike

N = November

O = Oscar

P = Papa

Q = Quebec

R = Romeo

S = Sierra

T = Tango

U = Uniform

V = Victor

W = Whiskey

X = X-ray

Y = Yankee

Z = Zulu

 

Numerik Maritim

0 = NADAZERO
1 = UNAONE
2 = BISSOTWO
3 = TERRATHREE
4 = KARTEFOUR
5 = PANTAFIVE

6 = SOXISIX
7 = SETTESEVEN
8 = OKTOEIGHT
9 = NOVENINE

Ejaan alfabet dan angka dalam pelayaran maritim menurut SMCP IMO yang dapat digunakan rekan-rekan. Semoga bermanfaat dan Safety First!

 


Referensi :

dunia-maritim-ejaan-alfabet-dan-angka-imo-dalam-pelayaran-maritim.html

...............................................................................................................................................................

Follow : @ahmadjirin03

No comments:

Post a Comment

Peraturan (Internasional) Pencegahan Tubrukan di Laut (P2TL)

Bunyi P2TL (Rurel 1-10) Part A General Aturan 1 (Penerapan) a.                    Aturan-aturan ini   berlaku   bagi semua   ...